HomeNEWSDIVA-TRACKER

DIVA-TRACKER

DIVA Tracker kami menawarkan Fasilitas yang terdepan dan terkini, Sebagai perusahaan yang menguasai teknologi GPS kami menawarkan produk-produk handal yang dapat anda gunakan dengan berbagai macam kelebihan yang anda butuhkan.

Dengan berkala kami selalu meningkatkan kemampuan dan servis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. dengan pengalaman yang ada kami akan terus menjadikan andalan kami untuk berkarya dan senantiasa untuk kepuasan servis kepada anda.

Produk kami dapat memberikan fitur-fitur yang terdepan:

  • Efisiensi, Response, Management, Flexibel, Keamanan

Apakah kita perlu GPS ? Apa kelebihan/untungnya mengunakan GPS ? Sebuah pertanyaan mendasar yang seringkali muncul dari mereka yang belum mengetahui tentang Global Positioning System yang disingkat dengan GPS.

Sebenarnya fungsi dasar dari GPS itu sendiri sangat sederhana, yakni menterjemahkan suatu posisi kedalam bentuk deretan angka (kordinat X(bujur) ,Y(lintang), Z(ketinggian)) sedemikian rupa, sehingga setiap tempat/posisi yang ada dipermukaan bumi ini memiliki kordinat yang berbeda. Dengan kata lain, setiap tempat mempunyai kombinasi angka sendiri-sendiri yang unik, sehingga bila seseorang mengucapkan suatu kombinasi angka tersebut, maka jika seluruh orang didunia ini menuju kelokasi yang mewakili deretan angka tersebut, akan selalu berakhir/berada ditempat yang sama.

 


 

Artikel pertama telah membahas salah satu kelebihan menggunakan GPS dalam sistem navigasi, yakni untuk mencari suatu lokasi objek. Dengan memadukan kekuatan antara kelengkapan database berbagai lokasi beserta atributnya dengan perhitungan sederhana dalam menentukan jarak antara dua titik secara komputerisasi, GPS ternyata menjadi sebuah alat yang sangat membantu sekali dalam navigasi seseorang. Dua hal tersebut itu sebenarnya tanpa GPS juga bisa diperoleh, mengingat fungsi mendasar dari GPS adalah memberi tahu pengguna, akan dimana dia berada saat ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan mematikan fungsi GPS dan hanya bermain dengan data-data yang ada di peta GPS tersebut seseorang telah banyak sekali mengalami kemudahan. Namun, dengan mengetahui secara pasti dan real time (tiap detik) akan posisi saat ini, ditambah dengan dua hal tersebut diatas, boleh dibilang pengguna akan terhindar dari kemungkinan tersesat dalam melakukan perjalanan, kapanpun dan dimanapun

Apakah kita perlu GPS (II) ?





Artikel pertama telah membahas salah satu kelebihan menggunakan GPS dalam sistem navigasi, yakni untuk mencari suatu lokasi objek. Dengan memadukan kekuatan antara kelengkapan database berbagai lokasi beserta atributnya dengan perhitungan sederhana dalam menentukan jarak antara dua titik secara komputerisasi, GPS ternyata menjadi sebuah alat yang sangat membantu sekali dalam navigasi seseorang. Dua hal tersebut itu sebenarnya tanpa GPS juga bisa diperoleh, mengingat fungsi mendasar dari GPS adalah memberi tahu pengguna, akan dimana dia berada saat ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan mematikan fungsi GPS dan hanya bermain dengan data-data yang ada di peta GPS tersebut seseorang telah banyak sekali mengalami kemudahan. Namun, dengan mengetahui secara pasti dan real time (tiap detik) akan posisi saat ini, ditambah dengan dua hal tersebut diatas, boleh dibilang pengguna akan terhindar dari kemungkinan tersesat dalam melakukan perjalanan, kapanpun dan dimanapun.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah hanya itu saja yang bisa dinikmati oleh seorang pengguna GPS ? Tentu tidak, artikel kali ini akan mencoba memberikan sebuah ilustrasi lain yang berkaitan dengan GPS yakni tentang tracking (penjejakan) dan routing (penentuan arah perjalanan). Kedua hal ini sangat membantu bagi pengguna yang buta akan medan tujuan, dan juga membantu dalam penentuan pemilihan suatu jalan untuk menuju suatu lokasi.

 

[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (II) ?
Gambar 1: Tracklog merupakan fitur yang amat penting terutama didaerah dimana peta GPS belum tersedia. Fitur ini mengurangi resiko tersesat dikarenakan pengguna bisa menelusuri lagi jejak yang telah dilewatinya

Penjejakan dan Penentuan Arah Perjalanan

Kembali ke ilustrasi perjalanan liburan anda.......
Sebuah objek wisata menarik telah anda temukan dalam liburan kali ini. Seorang penjual cinderamata telah bersedia menjadi penunjuk arah terhadap suatu objek wisata yang menurutnya merupakan objek wisata baru yang berlokasi tak seberapa jauh dari objek wisata utama, namun memiliki tempat yang tersembunyi dan jarang sekali diketahui oleh orang lain. Jalan berliku-liku, sempit dan berbatu mewarnai sepanjang perjalanan. Setelah sampai dilokasi  objek wisata yang dimaksud, ternyata memang menarik sekali dan memukau. Anda menyukainya sambil berharap suatu waktu bisa kembali ketempat tersebut. Namun tak adanya papan penunjuk jalan selama menuju lokasi itu  menjadikan anda merasa tidak yakin bisa menemukan jalan sama saat datang kembali suatu waktu. Haruskah mencari penunjuk jalan terlebih dulu bila ingin ketempat tersebut ?

Suatu masalah yang dengan mudah bisa diatasi bila anda memiliki GPS. Sebelum berangkat aktifkan terlebih dahulu GPS beserta fitur tracklog-nya. Fitur ini berfungsi mencatat setiap perjalanan yang terjadi. Data-data perjalanan disimpan dalam berupa kordinat, untuk kemudian ditampilkan dalam bentuk garis, sesuai dengan alur perjalanan yang telah dibuat. Beberapa tipe GPS selain mencatat data kordinat lokasi, juga mencatat data ketinggian, kecepatan dan waktu. Dengan data-data ini, penelusuran kembali terhadap perjalanan yang telah terjadi bisa dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan guidance manusia lagi. Bahkan orang lain bisa menempuh jalur yang sama dengan yang telah anda lakukan tanpa menemui masalah sama sekali, apabila data perjalanan ini mereka punyai dalam GPS mereka. Hal yang perlu mereka lakukan adalah mengikuti kembali jejak virtual yang telah anda buat dengan GPS dan bisa dipastikan akan sampai ke tempat tujuan yang sama seperti apa yang pernah anda capai. Gambar 1, memperlihatkan jejak virtual hasil online tracking yang nantinya siap menjadi penunjuk arah bagi siapa saja yang memiliki data tersebut.
.................................


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (II) ?
Gambar 2: Garis line off sight (warna merah muda) menuju tujuan berguna untuk mencari dan mengarahkan kendaraan sedekat mungkin ke lokasi yang ingin dicapai

Ketika dalam perjalanan pulang dari tempat wisata, anda teringat bahwa teman anda pernah memberi tahu suatu tempat yang cukup lengkap menjual cinderamata dengan harga sangat murah. Sayangnya teman anda tersebut meskipun telah memiliki GPS, hanya menyimpan dalam bentuk kordinat waypoint, tanpa ada tracklog yang bisa dijadikan pedoman menuju lokasi. Parahnya lagi dia lupa pula nama toko kecuali  hanya kode angka yang merupakan standard penamaan GPS. Teringat kembali atas contoh barang dan harga yang diinformasikan oleh teman tersebut, menjadikan anda memaksakan diri untuk mengunjunginya. Berhubung daerah tujuan merupakan kota kecil yang belum ada peta GPS-nya maka hanya sebuah titik kordinat yang muncul di layar GPS, tanpa ada informasi jalan, bagunan, maupun sungai yang bisa dijadikan acuan. Sebuah kondisi di layar GPS yang tak jauh beda dengan berada di tengah gurun pasir ataupun lautan. Dengan kondisi seperti ini, haruskah menyerah dan tidak jadi mengunjungi toko tersebut ? Jangan putus asa, yang perlu dilakukan adalah cukup menjadikan titik acuan tersebut sebagai target tujuan perjalanan pada GPS. Sebuah garis lurus (Gambar 2) akan menghubungkan lokasi dimana anda berada saat ini dengan target tujuan tersebut. Selanjutnya anda tinggal mengendarai kendaraan sambil mencari dan menelusuri jalan sedemikian rupa sehingga garis penghubung tersebut semakin pendek hingga akhirnya tiba di lokasi.

Sebuah senyuman menghias di bibir saat tiba dilokasi dan telah memperoleh barang yang diinginkan  dengan harga murah. Teringat kembali bahwa selama perjalanan tadi anda sempat beberapa kali menemukan jalan buntu sehingga mesti kembali kejalan semula. Untunglah ada GPS dengan tracklog yang setia mendampingi selama proses pencarian, sehingga saat bingung menentukan arah tinggal kembali ke jalan semula dengan mengikuti jejak yang telah dibuat. Memandang sejenak atas tracklog yang telah ada, terlihat sekali bahwa anda telah berputar-putar kesana kemari sebelum mencapai lokasi. Sebuah "benang merah" berupa jalur yang seharusnya anda tempuh tanpa perlu berputar-putar, bisa disimpulkan dari data tracklog tersebut. Anda pun berencana sesampai di rumah nanti akan mengolah data tracklog tersebut, untuk membuang jalur-jalur yang tidak perlu dan merapikannya sehingga suatu saat bila ingin berkunjung lagi bisa ditempuh dengan mudah.
....................................


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (II) ?
Gambar 3: Penampilan nama jalan yang ada di depan persimpangan, membantu pengguna untuk mengambil suatu keputusan

Saat tiba istirahat siang dikantor, rekan kerja anda mengajak makan siang diluar, disuatu tempat yang menurutnya sangat lezat sekali untuk disantap. Hanya saja dia tidak begitu hafal alias lupa-lupa ingat akan jalan menuju lokasi tersebut dan masih penasaran untuk mencobanyasekali lagi. Selama perjalanan nampak sekali dia ragu-ragu terhadap rute yang dia tempuh, dia hanya ingat beberapa nama jalan dan nama gedung-gedung yang terlintasi saat kunjungan sebelumnya. Tak ada salahnya anda coba bantu rekan anda, tunjukkan pada dia bahwa jalan ditikungan berikutnya adalah jalan 'XYZ' atau gedung diseberang jalan sana adalah 'ABC', karena semua informasi ini bisa diperoleh dari layar GPS.
Gambar 3 memperlihatkan fitur ini, dimana GPS otomatis akan memberi tahu pengguna nama jalan yang ada pada tikungan berikutnya anda. Fitur ini tentunya akan sangat membantu dalam memberi informasi awal apakah pada tikungan berikutnya merupakan jalan yang hendak dilewati oleh pengguna atau tidak. Nama gedung-gedung juga muncul, meskipun tidak seluruhnya karena tergantung pada tingkat kepadatan/jarak antar gedung karena hal ini untuk menghindari tampilnya nama gedung yang saling tumpang tindih.
Bila anda merasa bingung menentukan sisi kanan/kiri peta terhadap sisi kanan/kiri dari kondisi sebenarnya, maka tampilan peta pada piranti GPS dapat dirubah sedemikian rupa sehingga apa yang tampil di peta mewakili kondisi sebenarnya. Gambar 4a memperlihat peta dalam mode "North Up" yakni kondisi dimana bagian atas peta selalu identik dengan kutub utara. Sedangkan pada Gambar 4b, mode "Track Up" menjadikan bagian atas peta, searah dengan perjalanan anda sehingga lebih mudah dipahami
..............................................


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (II) ?
Gambar 4: Tampilan peta bisa dirotasi apakah disesuaikan dengan arah perjalanan pengguna atau selalu menempatkan kutub utara di bagian atas

Bertugas sambil berwisata nampaknya merupakan hal yang anda gemari. Tugas dinas keluar negeri oleh kantor dimana anda bekerja, memungkinkan anda berwisata disela-sela pekerjaan atau hari libur dengan dana yang relatif murah. Namun berkunjung kesuatu daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri mengingat anda benar-benar tidak mengetahui medan. Beruntunglah anda bila bertugas di negara-negara yang telah memiliki peta GPS cukup lengkap seperti Amerika Utara dan Eropa Barat. Selain lengkap, peta GPS yang ada di kedua tempat tersebut memungkinkan anda memiliki co-pilot pribadi di setiap perjalanan yang anda lakukan. Piranti GPS tidak hanya digunakan sebagai pencari lokasi suatu objek saja, namun juga bisa berfungsi mencari jalan tercepat atau jalan tersingkat untuk menempuh/menuju lokasi. Pilihan "jalan tercepat" umumnya akan mengakibatkan piranti GPS cenderung memilih jalan-jalan besar dimana kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tinggi, sedangkan "jalan tersingkat" lebih memilih berdasarkan kalkulasi jarak terpendek yang bisa dilalui menuju lokasi. Tidak usah kuatir anda akan dipilihkan jalan dari arah yang terlarang (misal untuk jalan satu arah), karena semua informasi tentang jalan tersebut seperti arah jalan, kecepatan maksimal, tipe jalan, sudah tersimpan dengan baik didalam peta GPS yang tersedia. Bahkan informasi apakah suatu jalan boleh/tidak dilewati oleh jenis kendaraan tertentu juga termasuk dalam atribut objek jalan. Informasi ini cukup penting, karena tidak mungkin seorang pengguna yang sedang mengendarai kendaraan roda dua, oleh GPS kemudian disarankan melewati jalan tol, karena tentunya hal tersebut adalah merupakan hal yang dilarang oleh peraturan lalu lintas.


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (II) ?
Gambar 5: Fungsi autoroute memberikan arahan kepada pengguna jalan yang akan dilaluinya beserta perkiraan waktu untuk mencapai tujuan

Tidak hanya sekedar dicarikan jalan menuju lokasi, anda juga akan dituntun dalam bentuk suara manusia, kapan dan dimana harus belok. Sebuah tikungan terlewati ? Tidak usah kuatir, GPS secara otomatis akan melakukan kalkulasi ulang untuk mencari rute baru menuju tujuan anda. Praktisnya yang perlu anda lakukal hanyal tinggal mengikuti arahan yang diberikan oleh piranti GPS tersebut maka bisa dipastikan anda akan tiba sampai tujuan dengan mudah tanpa perlu kuatir tersesat, ataupun berputar-putar tak tentu arah.

Gambar 5 menunjukkan layar GPS saat mode "Auto Route" diaktifkan. Garis yang tampak lebih tebal merupakan jalan yang telah dipilih oleh piranti GPS. Tidak hanya sekedar menunjukkan arah dimana harus belok, GPS juga melakukan kalkulasi untuk memperkirakan waktu saat pengguna berada pada tikungan tersebut berdasarkan kecepatan yang sedang berlangsung pada kendaraan pengguna. Hal ini sangat membantu pengguna apakah perlu atau tidak menambah kecepatan kendaraan agar waktu saat tiba dilokasi sesuai dengan yang diharapkan.

Dari ilustrasi yang terdapat pada artikel ini dan artikel sebelumnya nampak sekali bahwa GPS cukup membantu navigasi seseorang dalam bepergian. Masih terdapat beberapa "keajaiban" lagi yang bisa kita peroleh dari piranti GPS ini dan akan coba saya uraikan pada artikel berikutnya..

Apakah kita perlu GPS ? Apa kelebihan/untungnya mengunakan GPS ? Sebuah pertanyaan mendasar yang seringkali muncul dari mereka yang belum mengetahui tentang Global Positioning System yang disingkat dengan GPS.

Sebenarnya fungsi dasar dari GPS itu sendiri sangat sederhana, yakni menterjemahkan suatu posisi kedalam bentuk deretan angka (kordinat X(bujur) ,Y(lintang), Z(ketinggian)) sedemikian rupa, sehingga setiap tempat/posisi yang ada dipermukaan bumi ini memiliki kordinat yang berbeda. Dengan kata lain, setiap tempat mempunyai kombinasi angka sendiri-sendiri yang unik, sehingga bila seseorang mengucapkan suatu kombinasi angka tersebut, maka jika seluruh orang didunia ini menuju kelokasi yang mewakili deretan angka tersebut, akan selalu berakhir/berada ditempat yang sama.

Keunikan ini selanjutnya lebih dikembangkan lagi dengan menambahkan berbagai fitur-fitur yang menjadikannya semakin menarik dan banyak membantu manusia dalam beraktifitas. Kali ini saya akan coba menjelaskan dan memberikan gambaran dari berbagai fitur menarik yang ada dari pengembangan fungsi dasar GPS. Pembahasan yang ada hanyalah seputar GPS sebagai sistem navigasi (darat), beserta fitur-fitur yang bisa diperoleh dari suatu GPS device, dan karena keterbatasan pengalaman yang saya miliki, saya hanya membahas fitur-fitur yang ada pada produk Garmin. Produk-produk lain tidak menutup kemungkinan memiliki kemampuan yang sama bahkan lebih. Setidaknya setelah membaca artikel ini pembaca bisa sedikit memperoleh gambaran dasar akan "keajaiban" alat yang dikenal dengan nama GPS ini.

Pencarian Lokasi Dari Suatu Objek


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (I) ?
Gambar 2: Berbagai informasi bisa ditampilakn secara langsung pada layar navigasi

Kemampuan GPS dalam meng-unik-kan setiap tempat, menjadikan setiap objek yang ada di dunia ini berbeda satu dengan lainnya. Proses pencarian terhadap suatu objek-pun bisa lebih cepat dan presisi. Dengan keterbatasan akurasi GPS navigasi yang ada saat ini, setiap objek bisa di bedakan dalam rentang jarak minimal 5 - 10 meter. Akurasi yang lebih tinggi bisa diperoleh dengan penambahan beberapa alat pengkoreksi kesalahan, sehingga tingkat ketelitian yang ada bisa naik hingga skala 1-3 meter. Fitur pencarian yang ada pada GPS, memungkinkan pengguna untuk mencari objek dalam kelompok: POI (Point Of Interest), Cities (kota), Address (alamat), dan Intersection (persimpangan jalan). POI sendiri merupakan metode penamaan terhadap suatu objek, dan dikelompokkan berdasarkan aturan tertentu (Gambar 1). Khusus untuk Garmin device daftar POI bisa dilihat pada artikel "Garmin POI".
Dengan GPS kita bisa mencari dengan lebih cepat dan akurat terhadap suatu objek yang ingin kita ketahui lokasinya.

Bayangkan bahwa saat ini anda berada pada suatu daerah baru, yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Hari sudah semakin malam sementara hujan dan kabut mulai menghalangi pandangan jalan didepan anda. Anda juga baru sadar bahwa persediaan bensin di mobil semakin menipis, sedangkan dimana letak pom bensin (SPBU) terdekat dari tempat dimana anda berada saat ini sama sekali tidak anda ketahui. Jangankan pom bensin, arah mata angin saja anda tidak bisa lagi menentukan dikarenakan matahari yang biasa dijadikan pedoman sudah lenyap dibalik bumi. Buku peta terlengkap yang anda beli sebelum berangkat juga tidak banyak membantu dikarenakan anda sendiri tidak mengetahui ada dimana tepatnya anda berada saat ini.  Parahnya, kondisi cuaca yang kurang bersahabat ini semakin menjadikan anda tidak berhasil menemui seseorang yang bisa dijadikan tempat untuk bertanya. Lantas apa yang anda lakukan ? Terus berjalan tanpa tujuan pasti sambil berharap bisa menemukan pom bensin atau setidaknya bisa bertemu dengan orang atau kendaraan lain, nampaknya merupakan keputusan terakhir yang bisa anda lakukan.


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (I) ?
Gambar 3: Daftar objeck beserta jarak tempuh menuju lokasi ((lineoff sight), memudahkan pengguna dalam mengambil keputusan penentuan tujuan

Bila anda memiliki peralatan GPS, masalah ini bisa lebih teratasi. Dari layar GPS misal seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2, anda akan tahu dimana saat ini berada, dan setidaknya anda juga bisa menentukan dimana arah mata angin. Bahkan beberapa tipe GPS bisa menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan data perjalanan anda secara up to date tiap detiknya. Gambar 2 menunjukkan berbagai informasi (Elevation, Speed, Heading, Accuracy, Odometer, Max Speed, Stopped Time, Driving Average, Position) yang bisa ditampilkan bersamaan dan tentunya bisa dipilih (customize) mana saja data yang ingin selalu anda ketahui informasinya.

Bukan itu saja, dengan memanfaatkan fitur pencarian lokasi yang ada di piranti GPS, anda bisa mengetahui dimana letak pom bensin terdekat dari tempat anda. Gambar 3, memperlihatkan daftar pom bensin terdekat, lengkap berikut jarak dan arah mata angin dari dimana anda berada saat ini. Sekarang tugas anda hanyalah tinggal mengarahkan kendaraan menuju lokasi tersebut, dan coba perhatikan bahwa tabel jarak yang ada daftar pom bensin itu akan terus terupdate setiap detiknya. Angka derajat yang ada pada Gambar 3 merupakan besaran sudut yang dihitung dari kutub utara. Angka ini akan berubah menjadi bentuk anak panah yang menunjukkan dimana lokasi SPBU terhadap arah laju kendaraan pengemudi, bila pengguna dalam kondisi bergerak.


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (I) ?
Gambar 4: Objek yang ada memiliki informasi hingga nomor telepon (jika tersedia) sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan objek terkait jika diperlukan

Sekarang bensin di kendaraan telah terisi penuh, yang anda butuhkan saat ini adalah sebuah penginapan dimana anda bisa melepas lelah setelah seharian berkendara. Petugas pom bensin yang anda tanyai, ternyata tidak bisa memberikan informasi seperti apa yang anda butuhkan. Petunjuk arah yang diberikan petugas pom bensin tersebut cukup membingungkan karena terlalu banyak tikungan maupun tanda-tanda jalan yang harus diingat. Solusi sederhana yang bisa anda lakukan adalah menyusuri jalan-jalan utama di daerah tersebut untuk mendatangi satu persatu hotel yang ditemui dan menanyakan apakah masih ada kamar yang masih kosong beserta tarifnya. Sebuah pekerjaan yang sudah pasti akan banyak menghabiskan waktu anda dikarenakan minimnya penguasaan medan. Jadi kenapa tidak anda coba gunakan lagi perangkat GPS anda untuk mengetahui letak penginapan/hotel yang terdekat dengan lokasi anda saat ini ? Dan sebelum anda berangkat menuju hotel tersebut, tidak ada salahnya untuk menelepon terlebih dahulu sebagai konfirmasi tempat dan harga. Cara paling mudah adalah memilih salah satu hotel yang ada di daftar/layar GPS untuk mengetahui detil informasi yang berkaitan dengan hotel tersebut. Gambar 4b memperlihatkan detil informasi yang ada dari hotel yang bersangkutan. Dari informasi tersebut anda cukup ,memutar nomor telpon yang ada, dan pastikan bahwa hotel tujuan anda masih tersedia kamar kosong dengan tarif yang sesuai dengan isi kantong anda. Bila ternyata tidak sesuai dengan harapan, tidak ada salahnya mencoba menghubungi urutan kedua, ketiga dan berikutnya dari daftar hotel terdekat yang ada dilayar GPS.

Dalam perjalanan menuju hotel, anda teringat bahwa telah terlupa membawa salah satu perlengkapan/barang pribadi atau merasa perlu membeli multivitamin agar kondisi badan yang kelelahan tetap fit keesokan harinya. Sekali lagi, anda cukup melihat pada piranti GPS untuk mencari super/minimarket dan/atau apotik terdekat untuk kemudian membeli apa-apa saja yang dibutuhkan. Gampang bukan.


[navigasi.net] GPS device - Apakah kita perlu GPS (I) ?
Gambar 5: Fitur tambahan GPS juga memungkinkan untuk menggali informasi objek apa saja yang berada disuatu lokasi atau objek tertentu. Hal ini memberi tambahan informasi kepada pengguna atas lokasi yang akan dikunjunginya

Keesokan harinya, setelah semalaman beristirahat di hotel, anda memutuskan untuk mengunjungi objek wisata yang ada di daerah tersebut. Room boy memberikan sederet nama-nama tempat yang layak dikunjungi. Namun anda sadar bahwa waktu yang ada tidaklah banyak, padahal ingin sekali dalam waktu yang singkat tersebut bisa mendatangai banyak objek wisata. Dan biar tidak perlu balik ke hotel saat ini, anda berniat untuk pindah ke hotel lain yang letaknya tak jauh juga dari objek wisata terakhir yang nanti akan dikunjungi. Dengan GPS, hal ini bisa dilakukan cukup mudah. Tampilkan terlebih dahulu objek-objek wisata yang anda kunjungi, cari yang terdekat dan buat daftarnya sehingga menurut perhitungan anda dimungkinkan untuk mencapai semua objek tersebut dengan batasan waktu yang ada. Selanjutnya dari objek wisata terakhir, bisa dilakukan pencarian lokasi hotel yang terdekat dari objek tersebut. Sebagai contoh, lokasi wisata terakhir yang akan dikunjungi adalah sebuah musium bernama 'Zoologi Museum'. Untuk mencari hotel terdekat yang berada disekitarnya, yang perlu anda lakukan adalah pilih Zoologi Museum dan aktifkan lagi fitur pencarian untuk mencari hotel yang terdekat.
Gambar 5 menunjukkan contoh tampilan menu pada layar GPS. Coba perhatikan, bahwa baris kedua dari Gambar 5 tersebut telah berubah dari semula "Near Current Location" menjadi "Near Zoologi, Museum", yang itu berarti angka jarak yang tampil dalam daftar tersebut menunjukkan jarak terhadap Zoologi Museum, bukan terhadap posisi dimana anda berada saat ini.
.....................................................

Selain dapat digunakan untuk mencari POI, GPS juga bisa digunakan untuk mencari objek berupa alamat, persimpangan jalan dan kota. Dengan demikian proses pencarian bisa dilakukan dengan lebih cepat dan akurat, dikarenakan setiap hasil pencarian selalu disertakan juga informasi jarak dan arah dari objek yang dituju terhadap posisi dimana pengguna saat itu berada.

Hanya itukah "kejaiban" yang ditawarkan oleh piranti GPS ? Tentu saja tidak, pada artikel berikutnya (bagian II) akan ada sebuah ilustrasi lagi yang menggambarkan sisi keajaiban lain dari piranti GPS ini.

Quick Details
Type: Gps Tracker Use: Automotive Screen Size: No
Function: gps tracker Product of: PT. Cahaya Sejati Telecomindo Brand Name: DIVA Tracker GT-06
Model Number: LDW-TKV106 GPS CHIPS: SIRF III Real Time Tracking: available
Remote Control: available Band frenquency: 850/900/1800/1900mhz
Packaging & Delivery
Packaging Detail: Gift Box: 1. Size: 15.5cm*9.5cm*8cm 2. Weight: 0.45kg
Delivery Detail: Around 3 to 15 days after order confirmation
Specifications

1.GPS Tracker 
2.Real-time sms/web tracking 
3.Work worldwide (850/900/1800/1900mhz) 
4.Remote control 
5.Antitheft

Application Fields

  • Vehicle monitoring
  • Car positioning
  • Logistic monitoring
  • Any other fantasy fields

Product Features 

  •  GSM 850/900/1800/1900 Quad band
  • Wide for voltage input range:9-36vDC
  • GPS continuous positioning, GPRS timing interval
  • Check location via SMS 
  • Built-in vibration sensor , theftproof
  • ACC ignition detection
  • Tele-cutoff (petrol/ electricity) function
  • SOS alarm and burglar alarm
  • Voice monitor function
  • Alarm when the power supply is disconnected intentionally (with backup battery)
  • Compatible with external connection through (serial port)

Product Specifications

 

(1). Technical Specifications

GSM FREQUENCY

850/900/1800/1900MHz

GPS CHIPS

SIRF  III

GPRS

Class 12, TCP/IP build in GSM MODULE

GPS SENSITIVITY

-159dBm

GPS ACCURACY

10m(2D RM)

GSM ACCURACY

50-200m

SPEED ACCURACY

0.1m/s

COLD STATUS

-38s

WARM STATUS

-32s

HOT STATUS

-2s

MAXIMUM ALTITUDE

18000m

HIGHEST SPEED

515m/s

ACCELERATION OF GRAVITY

<4g

SIZE

99.00(L) x 51.0(W) x10.0(H) mm

WEIGHT

80g

 

2. Others

 

WORKING TEMPERATURE

-20--+70°C

HUMIDITY

20%---80%RH

VOLTAGE

9—36v DC

CURRENT

~60mA(12v DC)     ~35mA(24v DC)

STUANDY AVERAGE CURRENT

<80MA

LED

LED indicate GPS,GSM working status or other condition

Package 

1. Size: 15.5cm*9.5cm*8cm

2. Weight: 0.45kg

Free business joomla templates